10 Kiat Agar Usaha Laris Manis

Jika Anda mencari cara agar usaha lancar tapi tidak tahu harus mulai dari mana, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Meskipun tampak sulit pada awalnya, ada banyak tips dan trik yang dapat Anda ikuti untuk membuat usaha Anda sukses besar. Berikut adalah uraian lengkapnya.

Trik Agar Usaha Lancar dan Laris

Berikut adalah 10 kiat yang bisa Anda coba:

1. Tentukan Target

Jika Anda menjual produk seharga Rp 500.000 per item l, jangan mencoba menawarkannya kepada orang yang memiliki anggaran Rp 50.000. Ini adalah kesalahan umum yang seringkali dilakukan oleh pemilik bisnis baru, yaitu berusaha menjual dagangan kepada siapa pun dan semua orang. Pastikan bahwa barang yang Anda jual ditawarkan kepada orang yang tepat, dan barang Anda akan terjual lebih cepat.

2. Tetapkan Strategi

Setelah mengetahui target pasar, tentukan strategi yang akan Anda gunakan. Apakah Anda akan berjualan secara online? Mungkin via Instagram, website, atau bekerjasama dengan pihak ketiga? Atau lebih baik membuka toko fisik? Anda juga harus memutuskan rentang produk yang akan Anda sediakan. Apakah Anda akan menjual satu item spesial atau berbagai macam barang?

3. Bangun Relasi

Bagi seorang pengusaha, baik kecil maupun besar, menjalin relasi adalah suatu keharusan. Hal ini akan sangat bermanfaat jika suatu saat bisnis Anda sedang sepi. Bahkan saat baru dimulai pun, relasi bisa membantu menawarkan produk Anda secara cuma-cuma.

4. Simpel

Jangan terlalu rumit memperdengarkan produk Anda hanya karena ingin terlihat lebih berkelas atau berkualitas, baik secara tampilan maupun tulisan. Produk Anda harus mudah dimengerti oleh orang-orang, seperti produk itu sebenarnya untuk apa, berapa harganya, bagaimana menggunakan, dll.

5. Buat Pengalaman Pengiriman yang Bagus

Jika strategi pengiriman Anda benar, pelanggan akan merasa puas, membuat rating Anda bagus, dan mendorong pembelian berulang. Strategi pengiriman Anda mencakup harga pengiriman, layanan pengiriman yang Anda tawarkan, durasi waktu kirim, dan kemasan.

6. Jadilah Inovatif

Jadilah pebisnis yang inovatif dan kreatif agar usaha Anda tidak gulung tikar. Anda harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan permintaan pasar yang seringkali berganti. Misalnya dengan menambah varian model, ukuran, warna, rasa, mengganti kemasan, atau yang lainnya.

7. Teliti Produk Anda

Tampung setiap komentar, saran, dan kritik membangun yang diberikan oleh pelanggan Anda. Jadikan semuanya sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui dimana letak kekurangan produk Anda sehingga Anda bisa membuatnya menjadi lebih baik.

8. Buat Produk Terlihat Murah

Saat Anda menjual sepotong roti dengan harga Rp 100.000, orang-orang mungkin berpikir bahwa dagangan Anda cukup mahal dan akhirnya kurang laku. Untuk itu, cobalah membuat roti dengan harga lebih mahal, misalnya seharga Rp 250.000, dan roti seharga Rp 100.000 tadi akan terlihat lebih murah.

Memperluas menu pilihan seperti ini tidak hanya membuat produk tertentu terlihat relatif lebih murah, tapi juga membuat target pasar lebih luas.

9. Berikan Ilusi

Agar dagangan cepat habis, Anda bisa mengikuti trik klasik menggunakan angka ajaib 9. Dari sejumlah penelitian yang ada, harga yang berakhiran angka 9 selalu cepat habis. Saat melihat barang seharga Rp 99.000 misal, otak manusia akan secara otomatis berpikir bahwa harganya masih kurang dari Rp 100.000, meskipun selisihnya hanya Rp 1.000.

10. Gunakan Efek Diskon

Coret harga asli Rp 100.000 dan buat harga baru Rp 70.000. Apakah harga sebenarnya adalah Rp 70.000 atau memang Anda sedang mengadakan diskon, pembeli tidak akan peduli. Pembeli hanya tahu bahwa produk Anda sedang diskon.

Kelangsungan hidup bisnis Anda sangat bergantung pada jumlah penjualan yang bisa Anda dapatkan. Dan untuk menjual lebih banyak barang, gunakan salah satu, beberapa, atau bahkan kesepuluh kiat di atas.