7 Cara Mendapatkan Untung Besar dengan Modal Kecil

Aturan umum dalam kesuksesan finansial bisnis adalah Anda tidak dapat meningkatkan laba secara langsung, melainkan secara tidak langsung dan perlahan. Dan cara memaksimalkan keuntungan bisnis tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan beberapa strategi khusus.

Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan laba adalah memperbaiki variabel, yang pada akhirnya menentukan tingkat profitabilitas Anda. Lantas, bagaimana cara meningkatkan variabel bisnis? Berikut penjelasannya.

Cara Mendapatkan Untung Besar

1. Patok Harga yang Tepat

Jika bisnis Anda adalah menjual produk berkualitas, jangan ragu untuk mematok harga sedikit lebih tinggi. Karena kebanyakan orang saat ini sudah paham bahwa “Ada harga ada kualitas”. Anda tidak perlu menggunakan sistem kuno ‘banting harga’ untuk menarik pelanggan pada tahap awal namun malah merugikan.

2. Tawarkan Sistem Cicilan

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan arus kas yang stabil adalah dengan menawarkan sistem cicilan untuk klien Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk mewah seharga Rp 5.000.000, Anda bisa menawarkan opsi 12 kali pembayaran.

Meskipun Anda tidak akan mendapatkan uang dalam jumlah penuh saat barang tersebut terjual, tapi jumlah total setelah pembayaran lunas akan lebih besar. Secara tidak langsung, Anda juga ‘mengunci’ klien tetap terhubung dengan bisnis Anda dan pemasukan setiap bulan Anda lebih stabil.

3. Merampingkan Biaya Manajemen

Seberapa efisien karyawan Anda? Berapa banyak pelanggan yang bisa Anda dapatkan? Berapa banyak hutang usaha Anda? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini perlu dijawab segera untuk menghemat pengeluaran usaha Anda. Misalnya, jika usaha cafe Anda hanya ramai di jam-jam tertentu, Anda bisa mempekerjakan karyawan paruh waktu daripada full time, sehingga pengeluaran gaji lebih sedikit.

4. Perluas Promosi

Melakukan promosi dengan sistem klasik mungkin membutuhkan waktu dan modal. Namun saat ini, semuanya lebih mudah dan cepat dengan sistem online. Anda bisa memanfaatkan akun media sosial Anda sebagai tempat promosi gratis, seperti Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, dsb. Dengan sistem ini, usaha Anda bisa dikenal lebih banyak orang tanpa perlu mengeluarkan modal.

5. Jadikan Semua Karyawan Sebagai Tenaga Penjual

Dari mulut ke mulut atau promosi via sosmed, setiap karyawan memiliki kesempatan untuk mempromosikan usaha Anda dan berpotensi menghasilkan penjualan. Cara ini akan membantu memangkas biaya pemasaran dan terbukti lebih efisien. Untuk membuat karyawan Anda termotivasi, Anda bisa menawarkan bonus atau harga spesial untuk karyawan.

6. Ide Bisnis Cadangan

Cara mendapatkan untung besar dengan modal kecil adalah dengan memiliki plan B. Mungkin Anda sudah tahu bahwa banyak pemilik usaha saat ini tidak hanya menjalankan satu bidang, tapi beberapa. Misalnya, jika Anda berjualan baju secara online, Anda juga bisa menawarkan jasa titip untuk beberapa produk yang tokonya berada di kota Anda.

7. Jangan Berhutang

Cara paling aman agar bisnis Anda tidak besar pasak dari pada tiang adalah jangan berhutang untuk digunakan sebagai modal awal. Apalagi jika Anda adalah pebisnis pemula yang masih minim pengetahuan.

Agar tidak perlu berhutang, Anda bisa menabung terlebih dulu selama beberapa bulan untuk digunakan sebagai modal. Bisa juga dengan menjual beberapa barang yang sudah tidak terpakai, atau gunakan ketrampilan/keahlian/pengetahuan Anda untuk memulai bisnis tanpa modal, misalnya jasa desain grafis atau guru les.

Jika Anda baru saja memulai bisnis dan masih bingung bagaimana cara balik modal, beberapa kiat di atas bisa Anda coba. Namun jangan mengharap bahwa Anda akan mendapatkan banyak laba secara instan, karena semua hal membutuhkan proses termasuk laba bisnis Anda.