Begini Cara Memulai Usaha Tanpa Modal, Pemula Wajib Baca

Sering kali, orang merasa kesulitan bahkan gagal memulai bisnis karena terbentur modal. Banyak juga bisnis yang sudah berjalan namun tiba-tiba gulung tikar karena kehabisan modal. Padahal, ada cara memulai usaha tanpa modal lho. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal

Berikut adalah beberapa pedoman yang akan memberi Anda peluang lebih baik untuk secara efektif memulai bisnis dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal.

1. Mulailah dengan Apa yang Anda Miliki

Langkah awal dalam panduan cara memulai usaha adalah mulailah dengan hal apapun yang sudah Anda miliki, seperti keahlian, pengalaman, pengetahuan/wawasan, sumber daya berwujud, dsb.

2. Tentukan Jenis Usaha

Setelah mengetahui kemampuan, pengalaman, dan pengetahuan yang Anda miliki, tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat Anda lakukan dengan semua itu dan tentu saja harus gratis. Beberapa contohnya adalah jasa desain grafis, menjadi makelar properti, penulis artikel online, dropshipper, jasa titip online, freelance video editor, membuka les privat di rumah, grosir sembako online, dll.

3. Perhatikan ke Sekeliling Anda

Apa yang Anda miliki dan ide usaha tadi perlu digabungkan dengan siapa yang Anda kenal agar memiliki power yang lebih nyata. Periksalah kontak handphone Anda dan temukan beberapa orang yang memiliki hubungan akrab dengan Anda, kemudian pertimbangkan untuk menciptakan pasar baru dengan menjalin kemitraan.

4. Investasikan Sesuatu

Sesuatu yang akan Anda investasikan disini haruslah sesuatu yang bisa Anda relakan untuk tidak kembali. Dengan begitu, Anda akan mampu bersikap fleksibel dalam bisnis dan meminimalkan stres dalam mengelolanya.

Jika Anda hanya ingin berinvestasi ketika Anda berharap dapat memperoleh laba tertentu, ada peluang kuat bahwa Anda mungkin tidak akan pernah mau mengambil risiko dan hanya fokus pada bisnis yang selalu Anda impikan, bukan peluang yang ada di pasaran.

5. Bereksperimen dan Beradaptasi

Fleksibilitas yang Anda miliki tadi, bersama dengan kemampuan beradaptasi dan bereksperimen akan menjadi modal kuat bagi bisnis Anda. Karena kesediaan Anda untuk bereksperimen dan beradaptasi akan membuat Anda tidak terlalu terpaku pada satu tujuan atau hasil, tapi membuat Anda menjadi responsif terhadap perubahan pasar.

Bisnis yang sudah ada biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk beradaptasi dari pada bisnis baru, karena bisnis lama memiliki tujuan untuk mempertahankan hal-hal yang sudah ada. Sedangkan bisnis baru tidak terikat pada cara-cara tersebut sehingga dapat lebih cepat beradaptasi dengan perubahan pasar dan konsumen atau bahkan perubahan dalam teknologi.

6. Jangan Takut Gagal

Ratusan bisnis sukses yang Anda lihat hari ini pernah mengalami puluhan bahkan ratusan kali kegagalan di masa lalu. Karena itu, saat memutuskan untuk menjadi pelaku bisnis, Anda sudah harus siap untuk gagal. Kegagalan harus menjadi pelajaran berharga untuk Anda, bukan justru membuat ciut nyali Anda.

7. Promosikan

Promosi tidak selalu harus dengan uang, seperti memasang banner, iklan di TV atau internet, membagi-bagikan selebaran, dsb. Anda bisa melakukan promosi gratis dari mulut ke mulut, mulailah dari orang yang paling dekat dengan Anda seperti tetangga atau saudara. Bisa juga melalui akun media sosial Anda.

Jika bisnis Anda adalah menjual barang-barang tertentu, Anda bisa mulai menjualnya kepada teman dan keluarga. Anda dapat membangun reputasi baik dan coba dapatkan feedback. Setelah mengetahui selera pasar dan melakukan perbaikan, Anda dapat mulai menjualnya di situs web pihak ketiga seperti Tokopedia, Shopee, dll.

Cara memulai bisnis bagi seorang pemula memang susah-susah gampang. Karena ada daya tarik dan tantangan tersendiri. Dengan 7 langkah di atas, kini Anda bisa mulai mempraktekkannya secara perlahan, bisa secara mandiri atau kelompok dengan 2 atau 3 orang teman.