Jenis Usaha yang Cocok di Desa dan di Kampung

Tinggal di desa bukan berarti bahwa Anda tidak memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis. Meski tinggal di wilayah pinggiran, Anda tetap memiliki peluang untuk menjadi seorang pengusaha. Jika memilih untuk membuka jenis usaha yang cocok di desa, Anda dapat memperoleh keuntungan yang memuaskan meski seorang pemula sekalipun.

Usaha yang Bagus di Kampung dan di Desa

Sebuah desa atau kampung di pinggiran kota memang cenderung kurang ramai dan taraf perekonomiannya berbeda dengan kota. Namun, berbagai usaha tetap dapat berkembang di wilayah ini.

1. Usaha Toko Kelontong

Karena di desa atau kampung tidak banyak minimarket dan supermarket, maka membuka toko kelontong merupakan peluang usaha yang baik. Agar usaha ini berhasil, maka Anda perlu melakukan berbagai strategi bisnis.

Salah satunya adalah memilih lokasi yang strategis, namun minim saingan. Selain itu, Anda harus menyediakan produk yang lengkap. Sehingga, warga sekitar akan merasa lebih leluasa dan senang berbelanja di toko kelontong milik Anda.

Di samping itu, Anda juga harus berhati-hati dalam menentukan harga. Menjual barang dengan harga yang bersaing lebih baik daripada menjualnya dengan harga yang terlalu mahal.

2. Budidaya Ikan Lele

Jika Anda memiliki pekarangan rumah yang luas, budidaya ikan lele dapat menjadi pilihan yang cukup menjanjikan. Salah satu alasannya adalah karena jenis ikan ini banyak peminatnya. Sehingga, Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk menjual hasil panen budidaya lele.

Di samping itu, ikan ini cukup mudah dipelihara. Lele dapat hidup di air keruh, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering membersihkan kolamnya. Kini, Anda dapat bahkan memeliharanya dalam kolam budidaya beralas terpal sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.

3. Beternak Ayam Kampung

Selain digunakan untuk membuat kolam lele, pekarangan rumah anda juga dapat dimanfaatkan untuk beternak ayam kampung. Popularitas daging ayam kampung tidak ada matinya, karena masyarakat menganggapnya sebagai daging ayam yang lebih sehat. Sehingga, Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup memuaskan dari usaha ini.

Untuk menjamin kesuksesan bisnis ini, Anda harus menyiapkan kandang dan pekarangan yang bersih untuk ayam tersebut. Selain itu, Anda juga harus memberi makanan yang berkualitas bagi mereka. Sehingga, ayam kampung peliharaan tidak akan mudah sakit. Jika mereka telah cukup besar, Anda dapat menjualnya ke supplier ayam kampung di kota.

4. Budidaya Jamur, Sayuran, atau Buah

Jika Anda tidak suka membudidayakan ikan lele dan ayam kampung, maka budidaya jamur, sayuran, atau buah dapat menjadi pilihan yang tepat. Lahan desa yang luas dan subur dapat menjadi tempat yang pas untuk usaha ini. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah bibit berkualitas tinggi dan rawatlah jamur atau tanaman sayur dan buah dengan baik.

5. Barbershop

Alternatif usaha yang cukup menjanjikan di desa atau kampung adalah membuka barbershop. Peluang usaha ini cukup bagus karena barbershop di desa cukup jarang ditemui. Selain itu, penduduk desa juga membutuhkan potong rambut secara rutin.

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar seperti salon. Selain itu, Anda akan memperoleh keuntungan yang lumayan jika mengerjakan usaha ini tanpa mempekerjakan karyawan. Namun, tentunya Anda harus mengikuti kursus barber terlebih dahulu.

Peluang usaha yang baik di desa dan di kampung tersebut dapat membantu Anda menjadi seorang pengusaha yang sukses. Pada awalnya, skala usaha tersebut mungkin tidak besar. Namun, jika berhasil menjalankan usaha ini, Anda dapat mengembangkannya menjadi sebuah usaha besar yang membutuhkan banyak karyawan. Sehingga, Anda dapat ikut serta dalam memajukan desa.