Begini Tips Investasi Emas dan Keuntungannya

Investasi emas merupakan salah satu bentuk investasi yang belakangan ini banyak digandrungi masyarakat karena mudah dan praktis. Bagi Anda yang memiliki tujuan jangka panjang, investasi ini sangat menjanjikan karena harganya yang stabil bahkan cenderung meningkat. Namun, sebelum Anda memutuskan berinvestasi dan keuntungannya, mari simak tips berikut ini!

Tips Investasi Emas yang Aman

1. Periksa Harga Emas Terlebih Dahulu

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya cek harga emas terlebih dahulu di internet, toko emas, atau marketplace. Anda bisa mendapatkan informasi harga emas mulai dari 1 gram, 2 gram, 5 gram, hingga 100 gram.

Bandingkan pula harga di tiap toko dan cek berita ekonomi mengenai harga emas terkini, karena biasanya harga emas dalam negeri tergantung dengan harga emas dunia.

2.   Memilih Cara Investasi Sesuai Keinginan

Setelah Anda melakukan pengecekan harga dan membandingkan harga emas di beberapa toko, langkah selanjutnya adalah memilih cara investasi sesuai keinginan. Anda bisa membeli emas secara langsung di toko emas terpercaya atau marketplace. Bagi yang memiliki budget minim, Anda juga bisa memulainya dengan menabung emas di Pegadaian.

Cara investasi emas di Pegadaian menerapkan sistem cicilan yang nantinya akan dikonversikan ke dalam besaran (gram) emas, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Apabila di kemudian hari Anda ingin menyimpannya dalam bentuk fisik, ada biaya yang dikenakan untuk mencetaknya.

Meski menerapkan cara dan sistem yang berbeda, investasi logam mulia ini tetap menjadi cara terbaik untuk mengelola keuangan, sehingga masa depan Anda dan keluarga dapat terjamin.

3.   Memilih Cara Penyimpanan

Bagi yang berniat berinvestasi emas fisik, Anda bisa menyiapkan tempat khusus untuk menyimpannya. Apabila menyimpannya di rumah, Anda bisa menggunakan safety box atau brankas. Jika menyimpannya di bank, Anda bisa menggunakan safe deposit box.

Namun, jika menabung emas dalam bentuk rekening di Pegadaian, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan sistem keamanan. Cara penyimpanan yang tepat sangat perlu dilakukan agar emas milik Anda benar-benar terjaga keamanannya.

4.   Pemilihan Waktu Pencairan

Bagi yang memiliki tabungan emas dan berniat mencairkannya, Anda bisa mencari informasi harga emas terlebih dahulu. Jangan terburu-buru mencairkan agar hasil dan keuntungan yang Anda peroleh bisa memuaskan. Anda bisa mencairkan atau menjual emas ketika harganya sedang naik, sehingga keuntungan yang didapat bisa berlipat dan menggiurkan.

Bagi Anda yang baru memulai investasi logam mulia atau emas ini, sangat disarankan untuk membelinya dalam pecahan 1 gram. Hal ini karena emas dengan pecahan kecil lebih mudah untuk dicairkan dibandingkan pecahan-pecahan besar misalnya emas pecahan 50 gram.

Keuntungan dari Investasi Emas

Belakangan ini, banyak bank di Indonesia yang menyediakan tabungan emas dengan segala fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan. Investasi logam mulia juga banyak dilirik dan menjadi solusi kebutuhan di masa mendatang, seperti biaya pendidikan anak, biaya ibadah haji, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan berinvestasi logam mulia emas:

  • Alternatif yang aman dan efektif untuk menjaga portofolio aset
  • Aset yang menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan mendesak
  • Memiliki banyak pilihan berat mulai dari 1 gram hingga 1.000 gram sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki
  • Salah satu investasi jangka panjang yang mampu memproteksi kekayaan
  • Salah satu bentuk investasi yang mudah, praktis, dan murah karena bisa diambil atau dibeli dengan sistem cicilan

Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi? Tips yang sudah disebutkan di atas bisa Anda terapkan. Baik tabungan emas atau investasi emas antam secara fisik, keduanya merupakan investasi yang menjanjikan dan menguntungkan karena harganya yang cenderung stabil, bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun.